Kuliner Desa

Belalang Nikmat

Kali ini saya akan mengenalkan anda pada kuliner yang satu ini.

:::BELALANG:::

Kuliner yang satu ini memang agak ekstrim brother… tapi, jika sekali kalian mencicipinya pasti akan ketagihan.

OK, mari kita usut tentang BELALANG !! hehe… Belalang adalah kuliner khas dari kabupaten gunungkidul. Masyarakatnya pun sangat gemar menikmati kuliner ini. selain rasanya yang gurih dan renyah, belalang ini sangat mudah cara pengolahannya. Setelah dibersihkan dari kotorannya, si Belalang ini cukup di bumbui dengan bawang putih dan garam….

kemudian di goreng sampai berwarna kecoklatan. Tapi bukan itu saja, ada yang di olah dengan berbagai cara.. seperti di Bacem, di buat kripik, bahkan ada yang sampai di olah menjadi kerupuk.

Keistimewaan lain dari BELALANG terletak pada kandungan gizinya. Belalang kayu memiliki kadar protein antara 40 – 60%. Angka ini cukup tinggi dibandingkan angka protein yang terkandung pada makanan protein lainnya seperti udang, daging ayam, telur ayam, dan susu sapi segar.

Gimana brother…… ingin mencoba kuliner yang satu ini ???

Mudah kok cara mendapatkannya,, Belalang ini biasanya di jual di ruas-ruas jalan Gading-Wonosari, Wonosari-ponjong, Playen-Paliyan. Soal harga sangat terjangkau, berkisar Rp 20.000 – Rp 30.000 itupun masih bisa ditawar… hehehe…..

OK Brother…. selamat mencoba……..

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

7 thoughts on “Belalang Nikmat

  1. Saya pernah nyoba belalang dan jangkrik. Menurut saya jangkrik lebih enak daripada belalang.😀

    Salam kenal.🙂

    Posted by SD | Juli 31, 2011, 1:54 am
    • Terima kasih sudah mampir….. saya malah belum pernah nyoba jangkrik…🙂, rasanya gimana?

      salam kenal juga brother….

      Posted by petualangkuliner | Juli 31, 2011, 2:29 pm
      • Sama-sama.🙂

        Jangkrik yang gede warna coklat. Kalau di kampung saya namanya Jangkrik sawah. Rasanya mirip udang.

        Posted by SD | Juli 31, 2011, 3:34 pm
      • Hmmm… perlu di coba nich!!
        Nanti kalau saya sudah mencoba pasti akan saya posting…🙂

        Posted by petualangkuliner | Juli 31, 2011, 4:32 pm
  2. asli dari dulu aku tuh pengen banget nyobail belalang goreng, atau bahasa sundanya jangkrik hehe..tapiii di bandung entah dimana tuh tempat jual belalang goreng

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 2:11 pm
  3. ada yang berani coba makanan inin? lihatnya aja sudah takut. apalagi memakannya hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 11, 2015, 8:29 pm
  4. enaknyaaa..dimana adanya mas?
    terimakasih😉

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:42 am

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: