Indahnya JOGJA

KALIURANG

Kaliurang yang  dalam bahasa Indonesia berarti “Sungai Udang”, adalah sebuah tempat wisata yang terletak di provinsi Yogyakarta, persisnya di KabupatenSleman, di perbatasan dengan provinsi Jawa Tengah.

Kaliurang adalah sebuah resor atau tempat peristirahatan karena sejuknya udaranya. Maka di sini terdapat banyak vila-vila penginapan, kebanyakan orang sekitar menyebutnya wisma. Tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri adalah Telaga Putri.

Di Kaliurang terdapat sebuah bangunan bersejarah yaitu Wisma Kaliurang. Di sana pernah terjadi Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang ini melahirkan Notulen Kaliurang.

Republik Indonesia diwakili oleh Presiden Soekarno , Wapres Moh Hatta , PM Syahrir dan Jendral Soedirman. Sedangkan Delegasi Belanda diwakili oleh Paul Van Zeeland (Belgia), Richard Kirby (Australia), dan Dr. Frank Graham (AS). Di dalam perundingan, Frank Graham mengucapkan ungkapan populer, yaitu “You are what you are from bullets to the ballots.

Perjalanan menuju kaliurang dari arah Jogja akan mengingatkan kita pada lukisan pemandangan saat masih di taman kanak-kanak. Sebuah gunung dengan jalan di tengahnya serta hamparan hijau yang membentang di kedua sisinya dihiasi dengan rumah penduduk, akan menghilangkan penat dalam bingkai lukisan alam.

Diselimuti angin yang berhembus sejuk, bahkan di saat mentari tepat di atas kepala, kesejukan itu masih terasa. Udara yang menari melewati pepohonan dan turun dengan gemulai, memberi rasa segar ketika menerpa tubuh.

Pemandangan Gunung Merapi memberi sensasi tersendiri di kawasan ini. Bagaikan seorang gadis desa yang menutup tabirnya bila sengaja diperhatikan, gunung ini akan tertutup kabut seolah malu bila sengaja datang untuk melihatnya.

Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan wisata alam dan budaya yang memikat, serta menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga.

Kawasan wisata Kaliurang, Sleman, kembali menggeliat usai erupsi Gunung Merapi yang membuat daerah wisata tersebut ditutup selama beberapa waktu. Sajian pertunjukan mulai dari Campur Sari sampai wayang kulit di akhir bulan ini, menjadi penanda kebangkitan kawasan Kaliurang.

Kawasan wisata Kaliurang merupakan salah satu kawasan yang terkena dampak cukup parah akibat letusan hebat Merapi pada 5 November silam. Kawasan yang ramai dikunjungi di akhir pekan ini bahkan sempat masuk dalam zona radius berbahaya dan harus ditinggalkan oleh penduduk sekelilingnya.

Meski pada akhirnya status zona berbahaya untuk Kaliurang dicabut secara berangsur, pada 19 November silam kawasan wisata ini tidak serta merta langsung dapat kembali seperti sedia kala. Pasalnya, tidak sedikit inrastruktur di kawasan yang berada di antara sungai Kuning dan Boyong ini yang luluh lantak akibat terjangan lahar dingin dan hujan abu.

Semoga dapat menjadi pilihan saat anda berlibur di Yogyakarta😆

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

2 thoughts on “KALIURANG

  1. mantap…

    Posted by ryan | Mei 7, 2015, 11:45 am
  2. kaliurang. merupakan kawasan atau wilayah tertinggi yang ada di jogja. hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 11, 2015, 8:26 pm

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: