Indahnya JOGJA, Seputar JOGJA

Pasar Ngasem

Daya tarik sektor pariwisata di Yogyakarta bukan hanya ada pada Keraton, Malioboro, atau bangunan-bangunan tua bersejarah yang tersebar di wilayahnya saja, tetapi juga pada tempat-tempat yang digunakan oleh masyarakatnya dalam beraktivitas sehari-hari. Salah satu lokasi/ tempat masyarakat Yogyakarta menjalankan aktivitas yang juga sebagai salah satu lokasi wisata legendaris adalah Pasar Ngasem. Pasar ngasem merupakan pasar tradisional yang khusus menjual hewan peliharaan terutama burung. Tetapi selain burung juga terdapat hewan peliharaan yang lain yang dijual, antara lain kelinci, marmut, anjing, kucing, musang, monyet, ayam, penyu, biawak, tokek, iguana, mencit, jangkrik dan bahkan ular. Pasar ini terletak di Kampung Ngasem dan Kampung Taman, Kecamatan Kraton, sekitar 400 meter arah barat dari Keraton Kasultanan Yogyakarta.

Menurut sejarahnya, kawasan Pasar Ngasem dahulunya merupakan danau yang sering digunakan Sultan Hamengku Buwono II berpelesir sambil melihat-lihat keindahan keraton dari luar benteng. Namun, sekian waktu berjalan danau tersebut beralih fungsi menjadi perkampungan dan di tengah-tengah kampung tersebut menjadi sebuah pasar yang khusus menjual burung. Keradaan Pasar Ngasem sendiri juga bisa memberikan info penting tentang apa yang dianggap bergengsi di masa kerajaan dahulu. Setelah kuda sebagai alat transportasi dan keris sebagai senjata, burung ada di tempat ketiga sebagai pengukur status sosial.

Pasar tradisional tersebut memiliki nuansa berbeda dengan pasar burung lain. Di pasar ini, pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan burung saja, tetapi juga pertunjukan yang digelar oleh para pecinta burung. Pertunjukan balap merpati atau burung berkicau sering diadakan di areal Pasar Ngasem tersebut. Bahkan, dibeberapa kesempatan, penjual kadang juga mau mengajari melatih burung agar dapat berkicau atau sekedar bercakap-cakap tentang cara memelihara burung.

Namun sekarang Pasar ngasem sudah pindah tempat dagangan yaitu di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (PASTHY) di kawasan Dongkelan, Jl. Bantul KM 1, Yogyakarta.

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

7 thoughts on “Pasar Ngasem

  1. Sewaktu saya di jogja, saya pernah jalan2 ke pasar ngasem.. Sebenarnya saya pengen nyari kura-kura, tapi saat itu kura-kura tidak ada.. Akhirnya saya cuman beli burung kenari..
    Blog ini bagus.. Salam kenal Kang Java..

    Posted by Serly | September 23, 2011, 5:31 am
  2. Pasar ngasem memang terkenal komplit.. berbagai hewan ada dan dijual disana..
    Salam kenal

    Posted by Rian Krisna | September 23, 2011, 5:36 am
  3. Kang Java, saya mau nanya ni.. Dongkelan itu lebih tepatnya dimana ya.. maklum, belum lama di jogja sih.. :-)tnya dimana ya.. maklum, belum lama di jogja sih..🙂

    Posted by Anita | September 23, 2011, 5:40 am
  4. pasar ngasem yang terkenal dengan pasar hewan yang komplit. hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 12, 2015, 8:39 pm

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: