Indahnya JOGJA, Seputar JOGJA, Wisata

Kali Code

Dilihat dari sejarahnya, Kali Code juga merupakan sebuah aliran kali yang digunakan untuk mengantisipasi keluarnya lahar dingin dari letusan Gunung Merapi, jika seandainya meluap hingga Kota Yogyakarta. Untuk itu dan sekaligus menghindari abrasi, pemerintah Kota Yogyakarta telah membuat talud (dinding sungai) dan juga mengeruk dasar Kali Code.

Pada tahun 1970-an, Kali Code relatif tidak dapat dimanfaatkan lagi karena dipenuhi sampah rumah tangga. Kondisi ini membuat seorang budayawan, Y.B. Mangunwijaya atau yang lebih dikenal dengan Romo Mangun, tergerak untuk menciptakan Kali Code menjadi kali yang indah, bersih, dan dapat dinikmati. Langkah pertama yang dilakukan oleh Romo Mangun adalah mendekati, dan memahamkan warga yang menghuni bantaran Kali Code, agar tidak membuang sampah sembarangan.

Romo Mangun rela tinggal di bantaran kali untuk memberi contoh kepada warga tentang bagaimana menjaga kali. Hasilnya adalah Kali Code menjadi bersih, indah, dan menjadi lokasi wisata alam yang menyenangkan dan menghasilkan nilai budaya, serta ekonomi warganya. Sejak saat itu, banyak turis lokal, nasional, dan internasional berkunjung menikmati indahnya alam Kali Code. Sepeninggal Romo Mangun, aktivitas pemberdayaan warga Kali Code diteruskan oleh pegiat sosial yang tergabung dalam Yayasan Pondok Rakyat. Yayasan ini juga aktif membangun kampung percontohan, seperti Badran, Tungkak, Kricak, dan Sidomulyo, yang kondisinya sama dengan Kali Code.

Salah satu keistimewaan wisata alam Kali Code adalah Anda dapat menikmati air kali dengan terjun ke dalamnya atau hanya sekadar duduk di tembok-tembok dekat kali, sambil menikmati minum kopi atau makan. Kondisi ini sangat menarik dan nikmat jika dilakukan saat sore hari atau ketika bulan purnama. Suara gemericik air akan menambah suasana menjadi syahdu.

Keistimewaan yang lain lokasi wisata alam ini adalah Anda dapat menikmati berbagai aktivitas sosial dan budaya yang digelar di Kali Code, seperti program Code River Walk yang dimulai tahun 2007, program kebersihan Kali Code Nol Sampah Sungai Code Tahun 2010, yang melibatkan beberapa perguruan tinggi seperti UGM, UAJY, UII, STPMD APMD, dan Poltekes, dan Festival Bocah Obah, yakni berupa pergelaran berbagai mainan anak-anak dalam rangka mengisi hari libur.

Lokasi Bantaran Kali Code membujur dari Jembatan Tungkak, Jembatan Sayidan, Jembatan Juminahan, Jembatan Gondolayu, Jembatan Sarjito, Jembatan Blunyah, Jembatan Ring Road Utara, Jembatan Dayu, dan Jembatan Plumbon.

Semoga bermanfaat:mrgreen:

Di olah dari sumber : Jogjatrip

 

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

One thought on “Kali Code

  1. kali code. merupakan daerah yang sangat unik di tengah kota jogja hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 11, 2015, 8:26 pm

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: