Indahnya JOGJA, Seputar JOGJA, Wisata

Parang Wedang

Dari kota Jogja, kita menuju ke salatan kota jogja dan berhenti di Sumber Air Panas PARANG WEDANG.

Parang Wedang adalah sumber air panas mineral yang menyembur atau memancar keluar dari bumi. Pemandian ini merupakan sumber mata air panas yang mengandung banyak mineral seperti unsur terbesar yakni Na, Cl, dan Mg. Uniknya, tidak ditemukan unsur belerang seperti lazimnya sebuah sumber mata air panas.

Pemandian Parangwedang terjadi karena adanya pertemuan dua lempeng yang mengakibatkan timbulnya mata air panas. Air dari mata air Parangwedang ini hangat dan konsentrasi kimianya tinggi. Hal ini disebabkan oleh adanya patahan di daerah ini dan air tanah dalam yang berasal dari pegunungan di sebelah timur mengalir lewat sesar tersebut dan mendapat panas bumi.

Keberadaan Parangwedang memang ada kaitannya dengan sejarah Keraton Mataram Ngayogyakarta yang diyakini pemandian ini muncul atas kesaktian Sri Sultan Hamengku Buwono VI. Menurut cerita leluhur, pemandian itu terjadi ketika itu Sri Sultan Hamengku Buwono VI akan menuju Pesanggrahan Balekencur. Semula Sri Sultan HB VI akan mandi di kolam yang berada di pesanggrahan tersebut, Tapi karena airnya dingin, beliau lalu berniat mencari air panas. Setelah lama dicari tidak menemukan air panas, sampai di desa Mancingan beliau membuat sebuah lubang di tanah. Karena kesaktiannya, dari lubang tersebut kemudian muncrat mata air yang amat deras dan berair panas, yang kemudian dikenal dengan Pemandian Parangwedang.

Air Parangwedang yang hangat, yang sumber mata airnya berasal dari kawasan bukit di utara Pantai Parangtritis ini dipercaya bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit, seperti gatal-gatal, panu, maupun kudis, bahkan rasa lelah dan pegal-pegal terasa sembuh setelah berendam di air hangat.

Airnya juga berkhasiat untuk penyembuhan beberapa macam penyakit seperti. reumatik, stroke dan sakit kulit. Untuk reumatik dan stroke, bisa sembuh dengan mandi di Parangwedang setiap hari selama sekitar satu bulan. Sedang untuk sakit kulit cukup setiap hari selama sekitar satu minggu.

Berwisata ke kawasan Pantai Parangtritis tidak lengkap jika tidak mampir ke permandian air panas yang ada di Parang Wedang, Parangtritis, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Parangtritis yakni hanya beberapa meter saja dari jalan masuk ke obyek wisata tersebut. Lokasi Pemandian Parangwedang ini kurang lebih berada 30 km dari Kota Yogyakarta yang ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam.

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

One thought on “Parang Wedang

  1. parang wedang. salah satu pemandian air panas yang ada di jogja. katanya sih dulu tempat ini merupakan pemandiannya raja hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 11, 2015, 8:25 pm

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: