Indahnya JOGJA, Info Umum, Seputar JOGJA, Wisata

Goa Rancang Kencono

Dari jogja, mari kita jalan-jalan di kabupaten Gunungkidul. Exotisme wisata Yogyakarta bukan saja terletak pada kota jogja saja, melainkan seluruh kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Seperti halnya di Gunungkidul.

Sebagai daerah perbukitan karst, di Gunungkidul terdapat banyak ruang-ruang yang tersembunyi di balik perut bumi atau yang biasa dikenal dengan nama gua. Mulai dari gua dengan lorong vertikal (luweng) atau gua dengan lorong horizontal, semuanya ada di Gunungkidul. Dari sekian banyak gua-gua yang sudah eksplorasi oleh para peneliti, ada satu gua yang keberadaannya sudah diketahui sejak lama, yakni sekitar 300an tahun yang lalu. Gua tersebut adalah Gua Rancang Kencono yang terletak di kawasan Desa Wisata Bleberan, Playen.

Gua yang memiliki ruang lapang berukuran 20m x 20m di dalamnya tersebut pernah digunakan sebagai tempat pertemuan Pangeran Diponegoro dan Sentot Prawirodirjo guna menyusun strategi penyerangan terhadap Belanda. Menurut buku “Legenda & Budaya Desa Bleberan” yang diterbitkan oleh pemerintah Desa Bleberan, Gua Rancang Kencono ditemukan pada tahun 1720. Kala itu ada beberapa Laskar Mataram yang melarikan diri dari kejaran Belanda. Dalam pelariannya, dua anggota Laskar Mataram yang bernama Kyai Putut Linggo Bowo dan Kyai Soreng Pati menemukan sebuah gua yang dapat digunakan untuk beristirahat.

Aroma khas perbukitan karst dan pohon jati begitu kental terasa saat Anda menginjakkan kaki di pelataran gua. Wajar saja, hal ini dikarenakan Gua Rancang Kencono terletak di tengah-tengah perbukitan kapur dan dan hutan jati. Tak perlu berjalan jauh dari tempat parkir kendaraan, Anda akan segera menemukan sebuah ceruk yang dipayungi pohon tlumpi besar dan usianya diperkirakan mencapai ratusan tahun. Untuk mencapai dasar ceruk yang merupakan pintu masuk gua, Anda harus menuruni sejumlah anak tangga terlebih dulu.

Satu keistimewaan Gua Rancang Kencono dibandingkan dengan gua-gua lainnya adalah ditemukannya tempat yang lapang di tengah-tengah gua. Tempat lapang ini seringkali digunakan untuk acara sarasehan, camping, bahkan warga setempat juga sering menggunakannya sebagai arena bermain bulutangkis. Ruangan seluas 20×20 m dengan ketinggian 12 m ini tidak begitu gelap karena masih mendapatkan sinar matahari yang cukup. Gua Rancang Kencono tidak begitu banyak berhias ornamen, hanya stalagtit yang mengantung di langit-langit gua. Namun ketiadaaan stalagmit di tempat ini justru akan memudahkan wisatawan yang ingin melakukan aktivitas di sekitar gua. Bagi wisatawan yang suka tantangan dan tidak memiliki pobhia terhadap ruangan sempit dan gelap dapat mencoba ruangan yang dulu sering digunakna untuk bertapa. Untuk dapat masuk ke ruangan tersebut wisatawan harus melewati celah yang sangat sempit, sehingga bagi wisatawan yang memiliki postur tubuh besar tidak disarankan untuk memasuki celah tersebut. Di dalam ruangan yang gelap gulita tersebut terdapat tulisan serta gambar bendera merah putih di salah satu sisi dindingnya.

Gua Rancang Kencono terletak di Padukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Semoga bermanfaat

Di olah dari sumber Jogja Trip

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

One thought on “Goa Rancang Kencono

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: