Indahnya JOGJA, Seputar JOGJA, Wisata

Pantai Wedi Ombo

Masih di seputaran Gunungkidul😀

Kali ini kita berkunjung ke Pantai Wedi Ombo yang terletak di Desa jepitu, Kecamatan Girisubo, sekitar 40 km arah Tenggara Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Gunungkidul sebagai daerah yang terletak di ujung Selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi wisata yang sangat beragam. Salah satu pantai yang sudah dibuka untuk wisatawan namun kondisinya masih perawan adalah Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo merupakan bagian teluk yang menghadap ke barat sehingga dapat melihat matahari tenggelam (sunset) yang indah. Panorama yang dijanjikan ketika wisatawan akan mengunjungi pantai Wediombo tidak hanya pantai yang indah, tetapi Anda juga dapat berselancar (surfing) di sini. Tidak seperti halnya pantai selatan di Pulau Jawa lainnya, pantai Wediombo mempunyai ombak besar yang sangat cocok untuk berselancar.

Selain memiliki pantai berpasir putih yang luas, Wediombo juga memiliki gugusan karang dengan bentuk yang unik-unik. Batu karang yang menjorok ke laut tersebut biasa digunakan oleh para pemancing untuk mengail ikan. Sedangkan di kanan dan kiri pantai terdapat perbukitan yang berwarna hijau subur. Bagi Anda penyuka kegiatan hiking, Pantai Wediombo dapat menjadi pilihan untuk melakukan kegiatan tersebut.

Cakrawala biru membentang, itulah pemandangan pertama yang akan Anda jumpai saat tiba di areal parkir Pantai Wediombo yang terletak di atas bukit. Untuk mencapai pantai, Anda harus berjalan turun melewati puluhan anak tangga. Dari ketinggian tersebut Anda akan melihat dengan jelas bentangan Samudra Hindia. Pantai ini merupakan pantai dengan pasir putih yang unik. Hal ini terjadi karena gempuran ombak terhadap perbukitan karst yang ada, sehingga butiran pasir yang dihasilkan pun menjadi putih.

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang biasanya panas menyengat, maka di Wediombo hal tersebut tidak akan terjadi. Hal ini dikarenakan di sekitar pantai terdapat banyak pohon yang rindang. Pohon-pohon ini bisa menjadi tempat berteduh setelah lelah bermain dengan pasir maupun ombak. Bagi Anda yang suka memancing, Pantai Wediombo merupakan surga tersendiri bagi Anda.

Jalan menuju Pantai Wediombo dapat dilewati sepeda motor ataupun mobil, bahkan bus. Hanya saja pengemudi harus berhati-hati karena medan yang akan ditempuh berkelak-kelok serta naik turun. Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi terdapat dua jalur yang bisa ditempuh. Yang pertama adalah melalui jalur selatan dengan menyusuri pantai-pantai Gunungkidul, Tepus, Girisubo, hingga tiba di Wediombo. Sedangkan jalur kedua adalah Wonosari – Semanu – Jepitu – Wediombo.

Semoga wisata anda menyenangkan😀

Sumber Jogja Trip

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

5 thoughts on “Pantai Wedi Ombo

  1. waahhh… bagusnyaaa..😀

    Ngiler dah. pengen kesana.

    Posted by tuaffi | Oktober 23, 2011, 8:20 am
  2. bagus ya. tapi maaf mau tanya, itu pantainya aman atau enggak ya? terus wisatawannya banyak atau enggak? makasih🙂

    Posted by payne | Desember 28, 2012, 4:21 pm
  3. keren bgt lho kalau pas surut ………eksotis buanget……..pingin kesana lagi…….

    Posted by mulyadi | Desember 29, 2012, 12:31 pm
  4. pantai wedi ombo, artinya pantai berpasir luas. kalo kejogja jangan lupa mampis kesini ya hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 11, 2015, 8:16 pm

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: