Wisata

Pantai Sepanjang

Masih dari kabupaten gunungkidul, pagi ini saya akan berkunjung ke pantai Sepanjang. Banyak yang bilang pantai ini adalah si Pantai Kuta Tempoe Doloe. Sepanjang memiliki garis pantai yang panjang, pasir berwarna putih yang masih terjaga, dan ombak yang sedang. Anda tinggal memilih, ingin berjemur di atas pasir menikmati terik matahari, membelah ombak dengan papan selancar, ataupun hanya melihat keindahan pantai. Semuanya bisa Anda nikmati begitu tiba di pantai yang berjarak beberapa kilometer dari Pantai Sundak ini.

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai yang baru dibuka. Nama “Sepanjang” diberikan karena ciri khas pantai ini yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunung Kidul. Suasana pantai ini sangat alami. Bibir pantai dihiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering. Karang di wilayah pasang surut pantai pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.

Suasana alami itulah yang menjadikan Pantai Sepanjang lebih dari Pantai Kuta. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam. Buktinya, anda akan tetap bisa menggeledah karang-karang untuk menemukan berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata). Anda juga tetap bisa menemukan limpet di batuan sekitar pantai dan mencerabut rumput laut yang tertanam. Tentu dengan berhati-hati agar tak tertancap duri landak laut. Jelas kan, Anda tak akan menemuinya di Pantai Kuta?

Kebudayaan masyarakat pantai juga masih sangat kental. Tak ada bangunan permanen di pinggir pantai, hanya beberapa gubug yang ditinggali oleh masyarakat setempat. Masih di pinggir pantai, terdapat ladang yang digunakan penduduk untuk menanam kedelai. Pantai yang landai dan langsung diterpa ombak menyebabkan tak ada penduduk yang melaut. Bila melihat ke belakang, akan tampak dua buah bukit yang bagian lerengnya digunakan penduduk setempat untuk menanam jagung sebagai sumber makanan pokok. Tanah di puncak bukit tersebut telah dibeli oleh investor untuk dibangun sebuah villa yang harapannya bisa digunakan sebagai penginapan wisatawan.

Sepanjang juga memiliki situs bersejarah, yaitu Banyusepuh. “Banyu” berarti air dan “sepuh” berarti basuh atau membasuh. Sesuai namanya, tempat yang tadinya berupa mata air ini digunakan untuk membasuh atau memandikan. Penggunanya konon adalah para wali yang biasanya membasuh pusakanya. Situs ini tak akan diketahui keberadaannya bila tak bertanya ke penduduk setempat.

Soal oleh-oleh jika pulang, pengunjung tak perlu berpusing-pusing mencari. Bukankah oleh-oleh tak harus selalu berbentuk makanan? Beberapa penduduk yang tinggal beberapa kilometer dari pantai sudah membuat kerajinan tangan berbahan dasar cangkang kerang-kerangan yang kemudian dipasarkan oleh penduduk pantai. Meski tak sekomersil di Malaysia, kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk cukup bervariasi. Ada kreasi berbentuk kereta kencana, orang-orangan, barong, jepitan, ataupun yang hanya sekedar dikeringkan dan dipendam di dalam pasir. Beberapa di antaranya dilukis sederhana menggunakan cat. Harganya pun tak mahal, cuma Rp 5.000 per biji.

Harga kerajinan yang murah tak berarti bernilai rendah. Kerajinan berbahan dasar Mollusca sebenarnya memiliki nilai historis yang besar. Jika pernah membaca buku ataupun artikel tentang Conchology, Anda akan mengetahui bahwa kerajinan tersebut adalah bentuk kebudayaan maha tinggi yang berkembang di masyarakat pesisir. Orang-orang Hawaii di Amerika Serikat, Kepulauan Melanesia, atapun Maori di Selandia Baru mengembangkan kerajinan serupa. Mereka merangkai cangkang kerang-kerangan menjadi kalung, rok, ikat pinggang, hingga memahat dan melukisnya menjadi seni rupa maha dahsyat.

Di olah dari sumber YogYes

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

20 thoughts on “Pantai Sepanjang

  1. Pantai yg indah perlu dipelihara dan dilestarikan. Selamat siang, sukses selalu sobat…

    Posted by Noer | November 14, 2011, 11:17 am
  2. Gunung Kidul memang menyimpan pesona alam yang tak akan habis terutama pantainya asri dan alami.

    Posted by HALAMAN PUTIH | November 15, 2011, 10:47 am
  3. Udah lama nih nggak berkunjung disini..apa kabar Sob??

    Posted by abi_gilang | November 15, 2011, 2:28 pm
  4. ah jogja emang ngangeni🙂

    kagen jogja😦

    Posted by Mila | November 15, 2011, 3:24 pm
  5. Memang dari dulu Indonesia memilik pantai yang cukup indah.Contohnya bali,Lombok dll.

    Posted by Abed Saragih | November 15, 2011, 4:09 pm
  6. Pantainya emang keliatan panjang ya Om?😆
    Tapi kok keliatan sepi yach?

    Posted by Irfan Handi | November 16, 2011, 7:41 am
  7. Aihhh… bagusnyoo..😀 pengen kesana.. Jauh gag si dari Jogja?

    Posted by tuaffi | November 19, 2011, 3:24 am
  8. ternyata di kabupaten gunung kidul masih ada pantai indah yang tersembunyi..pengen donggg main kesana😉

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 2:00 pm
  9. wahhh terimakasih ya untuk infonya😉

    Posted by mobil datsun bandung | April 1, 2015, 7:41 pm
  10. mantap….

    Posted by ryan | Mei 7, 2015, 10:26 am
  11. pantai sepanjang, jika kalian berkunjung kesini pasti akan terkagum melihat keindahan pantai sepanjang hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 11, 2015, 8:19 pm
  12. boleh liat lagi contoh-conto gambar lainnya gan?
    terimakasih😉

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:39 am

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: