Kuliner, Seputar JOGJA, Wisata

Oseng Mercon, bikin meledak di lidah

Apa yang pertamakali terlintas di pikiran anda ketika mendengar nama kuliner yang satu ini ?

Sesuai dengan namanya, mercon yang berarti petasan, siapapun yang menikmati masakan ini dijamin akan merasakan sensasi rasa pedas seperti mercon yang meledak di lidah. Sensasi ini bukanlah perumpamaan yang berlebihan, mengingat salah satu bahan utama pembuatan Oseng-oseng Mercon adalah cabai rawit.

Proses penemuan resep Oseng-oseng Mercon sendiri berawal dari coba-coba yang dilakukan oleh orangtua Bu Narti. Pada saat Idul Adha, keluarga Narti menerima banyak daging kurban. Selain daging sapi, mereka juga memperoleh kulit, kikil, dan gajih yang oleh masyarakat Yogyakarta dikenal dengan nama koyoran. Merasa bingung dengan daging yang lumayan banyak, akhirnya tercetuslah ide untuk memasak bagian-bagian tersebut dengan menggunakan cabai rawit.

Selain Oseng-oseng Mercon, banyak pula yang menyebutnya sebagai Oseng-Oseng Bledek (halilintar). Selain Bu Narti, saat ini sudah banyak warung tenda maupun warung makan yang juga menjadikan Oseng-oseng Mercon sebagai menu andalan mereka.

Sepintas kuliner yang satu ini terlihat tidak menarik. Lihat saja strukturnya yang seperti lendir menggumpal dan di penuhi cabe disana-sini. Tapi anda jangan buru-buru untuk meninggalkan kuliner ini, cobalah sesuap dengan nasi putih hangat dan apa yang anda rasakan ??😯

Saya jamin, anda pasti akan meneruskan menghabiskan kuliner ini hingga suapan yang terakhir. Perpaduan pedas dan nikmat dari kuliner ini akan segera menghilangkan ingatan anda ketika pertama melihat kuliner ini. Menurut para penikmat Oseng-oseng Mercon, justru rasa pedas itulah yang membuat ketagihan. Ibarat makan sambal, sudah tahu pedas masih tetap mencobanya. Bahkan, meski berujar sudah kapok dengan menu yang membakar lidah ini, mereka justru sering mencobanya lagi dan lagi hingga menjadi penikmat masakan ini.

Dalam meracik bahan yang digunakan untuk membuat Oseng-oseng Mercon, biasanya digunakan perbandingan 10:2. Untuk 10 kg daging, akan digunakan 2 kg cabai rawit. Dengan formula ini, rasa pedas yang dihasilkan akan berimbang. Bagi Anda yang tidak suka pedas atau sering mengalami sedikit masalah dengan pencernaan akibat rasa pedas, ada baiknya meminta penjual Oseng-oseng Mercon untuk mengurangi jumlah cabai yang digunakan. Namun, bagi Anda penikmat masakan pedas, Oseng-oseng Mercon merupakan salah satu menu yang wajib Anda coba.

Saat ini, ada banyak penjual Oseng-oseng Mercon yang tersebar di berbagai penjuru Kota Yogyakarta. Ada yang menjualnya di warung tenda di pinggir jalan hingga rumah makan. Namun, Oseng-oseng Mercon yang paling terkenal di Jogja adalah Oseng-Oseng Mercon Bu Narti yang terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Yogyakarta. Lesehan Oseng-oseng Mercon Bu Narti merupakan warung Oseng-oseng Mercon yang pertama kali ada di Yogyakarta dan beroperasi sejak tahun 1997.

Untuk harga, anda tidak perlu kawatir. Satu porsi Oseng Mercon ini di bandrol dari Rp 6000,- sampai Rp 8000,-😀 cukup murah bukan?

Segeralah bergegas dan nikmatilah kuliner yang satu ini. Di jamin DDUUUARR di lidah!!😆

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

11 thoughts on “Oseng Mercon, bikin meledak di lidah

  1. pagi2 udah ngacay nich sob….:-D
    klo boleh tahu minimal brp buah cabai nich yg dipakai….atau cabai rawit semua ya….:mrgreen:

    Posted by bensdoing | Desember 4, 2011, 8:08 am
    • perbandingan cabe yang digunakan bervariasi sob… kalau yang saya ekspos perbandingannya 10:2.. 10kg daging 2kg cabe rawit,,, tapi ada juga yang menggunakan perbandingan 1:1… jadi rasanya lebih meledak lagi di mulut..😆😀

      Posted by Kang Java | Desember 4, 2011, 11:04 pm
  2. wah jadi pengen nyoba🙂

    Posted by p4pm4m | Desember 4, 2011, 8:56 pm
  3. aku sihhh sering denger ya oseng mercon,,tapi kao nyoba sihhh belu, tp kapan2 pengen deh di icip🙂

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 1:51 pm
  4. kalo di pikiran saya yang pertama kali terlintas otomatis rasanya yang pedas😀

    Posted by mobil datsun bandung | April 1, 2015, 7:35 pm
  5. wow yummy bikin ngiler ler aja neh….

    Posted by meiliana eka hastuti | April 14, 2015, 11:46 am
  6. mantap… banget….

    Posted by ryan | Mei 7, 2015, 10:23 am
  7. ini nih, makanan yang bikin mangap tapi bakal ketagihan kalo sekali mencoba makanan ini. hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 12, 2015, 8:28 pm
  8. wahhhh mantap tuh oseng merconnya mas.. adanya dimana mas?
    terimakasih😉

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:36 am

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ping-balik: OSENG-OSENG MERCON « KULINER NUSANTARA - Oktober 24, 2012

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: