Kuliner Desa, Seputar JOGJA, Wisata

Bubur Gudheg, Lezat terasa disantap di waktu pagi

Nah, kali ini saya akan mengekspos varian dari masakan khas jogja yaitu Gudheg. Gudheg sendiri sebenarnya ada dua jenis, gudheg basah dan gudheg kering ( yang dikenal dengan Gudheg kendil)

Dan kali ini, saya akan berbicara tentang Bubur Gudheg. Bubur gudeg disajikan dengan telur dadar yang dicacah, kacang tanah dan kedelai yang digoreng, ayam goreng atau rebus yang diiris tipis-tipis, abon daging sapi, dan sedikit kuah gurih semacam kuah opor, dan tentu saja bubur khas Yogyakarta ini, sesuai dengan namanya, disajikan bersama gudeg. Terdapat dua variasi bubur gudeg di Yogyakarta, yakni bubur dengan gudeg kering dan bubur dengan gudeg basah. Kendati berbeda, keduanya sama-sama lezat. Bubur ini terasa bernuansa Yogyakarta karena adanya gudeg dalam penyajiannya.

Bubur gudheg merupakan salah satu alternatif menu sarapan ketika kita sedang berwisata di Yogyakarta. Rasanya yang tidak begitu pedas, tidak begitu manis dengan perpaduan gurihnya santan akan menjadi menu sarapan yang dapat memanjakan lidah anda.

Menikmati bubur gudheg akan lebih istimewa lagi ketika disajikan dengan daun pisang (pincuk). Perpaduan aroma daun pisang dan aroma lezat khas gudheg akan menambah nikmat ketika kita menyantapnya. Tapi, yang perlu anda ketahui adalah kuliner yang satu ini tidak dapat anda jumpai di restoran-restoran atau warung yang biasa menyediakan Gudheg. Melainkan di sudut-sudut kota atau dipinggir-pinggir jalan di Yogyakarta di pagi hari.

Karena bubur gudeg ini tidak ada di restoran, wisatawan bisa mencarinya di pinggir-pinggir jalan di kawasan pemukiman atau di sekitar Pojok Beteng Wetan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lantaran bubur ini merupakan makanan yang cocok untuk menu sarapan pagi, maka bubur gudeg hanya bisa ditemui setiap pagi (antara jam 5 hingga jam 7 pagi). Bila lebih dari kisaran jam itu, maka peminat bubur ini harus menunggu di hari berikutnya.

Soal harga, anda tidak perlu khawatir. Harga dari kuliner ini relatif murah dan sangat terjangkau.

Bagaimana? tertarik mencicipinya….๐Ÿ˜€

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

48 thoughts on “Bubur Gudheg, Lezat terasa disantap di waktu pagi

  1. Marak-ke kepengin balik kampung …:-(

    Posted by Akbar PU | Desember 5, 2011, 10:19 am
  2. WAA…saya juga suka gudeg mas๐Ÿ™‚

    hmm, paling suka gudeg kendil di jalan wijilan itu…uuuhh jd pengen…

    Posted by Mila | Desember 7, 2011, 7:48 pm
  3. Wah,ini blog khusus kuliner, ya? Mantap, Kang. Blom baca postingannya, liat gambarnya aja dah langsung ngiler.๐Ÿ™‚

    Posted by nandobase | Desember 8, 2011, 9:56 am
  4. Waduh….jadi laper nich !
    Ga lama ah, takut ngerepotin. Serius aku lapar banget nih….

    Salam kenal,
    by: http://gunawank.wordpress.com/category/kisahku/

    Posted by gunawank | Desember 8, 2011, 12:57 pm
  5. bila enak lagi bila menikmatinya dengan ‘belahan jiwa’ ya sob…:-)

    Posted by bensdoing | Desember 9, 2011, 8:09 am
  6. Aduh kayaknya enak banget nih๐Ÿ™‚

    Posted by anto11bc-barkom | Desember 9, 2011, 2:33 pm
  7. Juelass uenak kang, saya sering belikan anak saya dulu ketika makannya masih bubur. Otomatis ortunya juga beli sekalian tak hanya sebungkus.

    Pe er darimu sudah saya selesaikan kang…

    Posted by HALAMAN PUTIH | Desember 9, 2011, 8:47 pm
  8. widih manteb…
    bentar ngelap iler dulu..

    Lappppeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!๐Ÿ˜€

    salam kenal bro๐Ÿ˜€

    Posted by djakarta182 | Desember 11, 2011, 10:17 am
  9. Mas,,kalau yang ini bisa diantar gak kerumah,,soalnya pengen rasain nih mas bro ๐Ÿ˜†

    Salam Persahabatan.

    Posted by Abed Saragih | Desember 15, 2011, 3:37 pm
  10. jadi laperr….

    hehe

    Posted by anislotus | Desember 15, 2011, 3:51 pm
  11. wah jd lapppeeeeeeeeeeeeeerrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr………… haha.. klo kata pak bondan.. maknyuuusssss !!!!! topmarkotop !!!!๐Ÿ˜‰

    Posted by djakarta182 | Desember 17, 2011, 2:20 pm
  12. wah…wah ..
    Mantap..mantap . Jadi ngiler nih kang.

    Posted by Daniel Maulana | Desember 18, 2011, 5:09 pm
  13. bubur begini kalo di saya tiga rebuan ini.
    -_-

    Posted by oomguru | Desember 20, 2011, 5:04 am
  14. wahh enaknyaa . .
    baru tw ada bubur gudeg . .

    salam kenal๐Ÿ™‚

    Posted by teeyara | Desember 21, 2011, 11:44 pm
  15. membayangkan saja.. berasa lapar.๐Ÿ˜€ pengennn

    Posted by tuaffi | Desember 22, 2011, 1:19 am
  16. waduh ngilerr… jujur saya kurang suka gudeg yang terlalu terasa manisnya. tapi kalo dicampur bubur dan kuah opor kayak gini… perut langsung krucuk krucukk…:mrgreen:

    Posted by Ilham | Desember 22, 2011, 11:25 pm
  17. Saya sarapan di Bandung sini pake Soto Bandung….๐Ÿ˜†

    Posted by Asop | Desember 25, 2011, 9:30 am
  18. membaca postingannya kang java, jadi makin rindu saja hati ini sama jogja…rindu suasana….rindu kehangatan….rindu kesederhanaan jogja, dan yang paling penting RINDU KULINERNYA๐Ÿ™‚
    kalo saya bubur tersebut ditambahkan dengan dua buah tempe bacem, jadi makin maknyus….

    Posted by m anriyan | Maret 12, 2012, 8:53 am
  19. wihhh baru kali ini saya denger bubur campur gudeg..kayanya enak tuh (y)

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 1:49 pm
  20. untuk bubur gudhegnya di Bandung ada yang jual ga mas? terimakasih๐Ÿ˜‰

    Posted by mobil datsun bandung | April 1, 2015, 7:35 pm
  21. mantap…. banget….

    Posted by ryan | Mei 7, 2015, 10:19 am
  22. sedapnya.. Gudheg di campur bubur hmmm hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 12, 2015, 8:27 pm
  23. gunung kidul itu di yogya ya mas?
    terimakasih๐Ÿ˜‰

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:33 am

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: