Indahnya JOGJA, Info Umum, Seputar JOGJA, Wisata

Gembira Loka, Kebun binatang yang ada di Yogyakarta

Dari gunungkidul kita kembali ke kota Yogyakarta dan beristirahat sejenak di kebun binatang Gembira Loka, sambil melihat beranekaragam satwa yang ada di kebun binatang ini.

Gembira Loka, adalah kebun binatang yang dikenal dengan nama Gembiraloka ini merupakan kebun binatang satu-satunya yang ada di Kota Yogyakarta. Kendati berlaku sebagai kebun binatang, Gembiraloka masih tergolong sebagai sebuah museum, yang masuk dalam kategori zoologicum museum atau museum satwa, juga termasuk jenis museum khusus. Bila dilihat dari sisi sejarah kemunculannya, ia merupakan museum tertua kedua di Yogyakarta setelah Museum Sonobudoyo.

Pada perkembangannya, kebun binatang ini tercatat telah beberapa kali berganti pengelola karena berbagai alasan manajerial. Kendati Gembiraloka mengalami pasang-surut, kebun binatang ini tetap menjadi salah satu objek pariwisata andalan di Yogyakarta. Data dari Dinas Pariwisata DIY selama lima tahun terakhir menunjukkan bahwa Gembiraloka memiliki jumlah pengunjung di atas Museum dan Monumen Jogja Kembali per tahunnya. Kuantitas pengunjung di Gembiraloka ini hanya bisa dikalahkan oleh jumlah pengunjung Keraton Yogyakarta dan kawasan Malioboro.

Tidak seperti kebun binatang pada umumnya yang hanya menampilkan satwa ‘biasa‘ maupun langka dalam display berupa kandang berjeruji besi atau berpagar kayu, Gembiraloka juga menyajikan awetan-awetan kering beberapa binatang di dalam sebuah ruangan khusus yang menyerupai museum. Museum yang menyuguhkan awetan-awetan binatang ini berada di tepi danau buatan di area kebun binatang. Tak hanya bangunan khusus awetan, Gembiraloka pada tahun 2007 telah membangun sebuah laboratorium alam flora dan fauna sebagai media pembelajaran bagi masyarakat, utamanya anak-anak. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati berbagai jenis serangga dan satwa bertulang belakang (vertebrata) maupun tidak (avertebrata).

Kawasan kebun binatang yang telah berusia lebih dari setengah abad ini dilengkapi taman yang permai lantaran masih dihiasi dengan berbagai pohon tua yang besar dan rindang, juga tanaman-tanaman bunga yang indah dipandang. Sebagai arboetorium, Gembiraloka menyediakan lahan budidaya tanaman hutan yang dibiarkan tumbuh dan juga lahan persemaiannya. Berbagai tanaman ini memang tidak ditata rapih seperti kebun binatang pada umumnya dengan tujuan menampilkan suasana yang ‘alami‘.

Bagi wisatawan yang mengajak putra-putrinya, selain memperoleh pengetahuan nyata tentang berbagai fauna dan flora, di lingkungan kebun binatang tersedia kapal wisata menyerupai angsa yang dikayuh (biasa disebut genjot bebek). Bagi pengunjung yang belum pernah naik gajah, pengelola Gembiraloka menyediakan wahana rekreasi yang istimewa berupa jalan-jalan mengelilingi kebun binatang dengan gajah yang sudah jinak. Selain gajah, pengunjung juga dapat menunggangi unta. Lebih dari itu, taman bermain untuk anak-anak dan sebuah gua replika juga tersedia sebagai asesori pendukung kebun binatang.
Gembiraloka beralamat di Jalan Kusumanegara, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk tiket masuknya pun cukup terjangkau Rp 10.000,- untuk hari biasa dan Rp 15.000,- untuk hari libur.

Bagaimana…. tertarik untuk berkunjung?? Silahkan mampir kalau kalian sedang berkunjung di Yogyakarta Hadiningrat😀

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

34 thoughts on “Gembira Loka, Kebun binatang yang ada di Yogyakarta

  1. wahhhhh kapan ya bisa main kesana???
    di tunggu kunjungannya

    Posted by DeRie | Desember 23, 2011, 11:31 pm
  2. Wooow ada kura-kura besaaaaaar!😀😀

    Posted by Asop | Desember 25, 2011, 9:32 am
  3. Waduh mas kura2nya besar sekali,,baru lihat nih🙂

    Posted by Abed Saragih | Desember 30, 2011, 8:37 am
  4. kalo di KBS sby , kura2nya ga sbagus itu😦
    cangkangny uda lumutan gara2 ga keurus . .

    kalo berkenan buat ngrjn pr http://teeyara45.wordpress.com/2011/12/30/pr-berantai-2012/😀
    makasihh . .

    Posted by teeyara | Desember 30, 2011, 3:22 pm
  5. Mas tolong terima award dari saya.🙂

    http://www.disave.blogspot.com/2012/01/award-2012-seven-shadow.html

    Terima kasih.

    Posted by Abed Saragih | Januari 13, 2012, 3:31 pm
  6. Itu kura2nya hidup mas?? bukan replika kan? wahhh

    Posted by anislotus | Januari 13, 2012, 6:59 pm
  7. tu kura2 ato patung kura2??? gile bener gede banggeeeeddddddddddd……………

    Posted by djakarta182 | Januari 14, 2012, 10:34 am
  8. beberapa kali ada niat ke Jogja selalu gagal, waah makin ngiler pengen ngabisin liburan di sana😀

    referensi menarik Mas😀

    Posted by elfarizi | Januari 21, 2012, 4:37 pm
  9. wahh besar kali tu penyu masbro.😀

    Posted by putracisc | Februari 2, 2012, 11:47 am
  10. 5 tahun tinggal di jogja, sekalipun belum pernah k gembira loka, kecuali lewat🙂
    aneh ya….. saya….
    untung ada kang java yang bisa memberikan gambaran kebun binatang tersebut…

    Posted by m anriyan | Mei 2, 2012, 8:09 pm
  11. jadi keinget di jogja..
    walopun 4 thn kuliah dsna tapi ga pernah ke gembira loka..
    jadi pengen,,🙂

    Posted by ipoer | Juni 13, 2012, 2:52 pm
  12. Tulisannya sangat BAGUS dan BERMANFAAT,
    SUKSES SELALU.

    Dari:
    Alif Group (Car ‘n Motor Cycle Rental)
    http://rentalmobilyogyakarta.blogdetik.com/
    0274 – 6959 520 (Flexi), 0274 – 743 4961 (Flexi), 0878 6053 4593 (XL)

    Posted by Alif Group (Car 'n Motor Cycle Rental) | Juli 11, 2013, 9:45 am
  13. Informasi wisatanya bagus mas….

    Jika berkenan kunjungi :
    http://bangkabelitungtourism.com

    Posted by andre | Februari 10, 2014, 9:10 pm
  14. wahhh gede banget tuh kura-kuranya..pengen banget liat aslinya, murah sihhh tiket masuknya, tapi sayang jauh tempatnya😥

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 1:47 pm
  15. Saya perna berkunjung ke jogja. Dan sempat mengunjungi keratonny. Tapi saya tidak tahu kalau jogja punya kebun binatang juga

    Posted by Info Hotel Murah | September 7, 2014, 1:02 am
  16. keren banget ya kebun binatang di Yogya..
    coba aja yang di Bandung seperti itu😉

    Posted by mobil datsun bandung | April 1, 2015, 7:34 pm
  17. kalian biasanya kemana kalo di jogja? hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 10, 2015, 9:10 pm
  18. sekarang tiket masuknya masih 15rb gan?
    terimakasih😉

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:33 am

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: