Indahnya JOGJA, Seputar JOGJA, Wisata

Cave Tubing Goa Pindul

Waaahhh…. lama juga ya saya tidak menjenguk blog saya ini😦 Yah.. mohon dimaklumi karena banyak kerjaan yang menumpuk.

Oke.. di awal bulan februari ini, saya akan sedikit mengekspos salah satu wisata adventure yang ada di kabupaten Gunungkidul. Terletak di desa Bejiharjo, Goa Pindul ini seringkali dijadikan tempat wisata petualangan yang sekaligus sedikit memacu adrenalin. Karena kita akan di bawa oleh si pemandu wisata menyusuri sungai yang ada di dalam goa ini.

Tidak diperlukan persiapan khusus untuk melakukan cave tubing di Gua Pindul. Peralatan yang dibutuhkan hanyalah ban pelampung, life vest, serta head lamp yang semuanya sudah disediakan oleh pengelola. Aliran sungai yang sangat tenang menjadikan aktivitas ini aman dilakukan oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Waktu terbaik untuk cave tubing di Gua Pindul adalah pagi hari sekitar pukul 09.00 atau 10.00 WIB. Selain karena airnya tidak terlalu dingin, jika cuaca sedang cerah pada jam-jam tersebut akan muncul cahaya surga yang berasal dari sinar matahari yang menerobos masuk melewati celah besar di atap gua.

Sambil merasakan dinginnya air sungai yang membelai tubuh di tengah gua yang minim pencahayaan, seorang pemandu bercerita tentang asal-usul penamaan Gua Pindul. Menurut legenda yang dipercayai masyarakat dan dikisahkan turun temurun, nama Gua Pindul dan gua-gua lain yang ada di Bejiharjo tak bisa dipisahkan dari cerita pengembaraan Joko Singlulung mencari ayahnya. Setelah menjelajahi hutan lebat, gunung, dan sungai, Joko Singlulung pun memasuki gua-gua yang ada di Bejiharjo. Saat masuk ke salah satu gua mendadak Joko Singlulung terbentur batu, sehingga gua tersebut dinamakan Gua Pindul yang berasal dari kata pipi gebendul.

Selain menceritakan tentang legenda Gua Pindul, pemandu pun akan menjelaskan ornamen yang ditemui di sepanjang pengarungan. Di gua ini terdapat beberapa ornamen cantik seperti batu kristal, moonmilk, serta stalaktit dan stalagmit yang indah. Sebuah pilar raksasa yang terbentuk dari proses pertemuan stalaktit dan stalagmit yang usianya mencapai ribuan tahun menghadang di depan. Di beberapa bagian atap gua juga terdapat lukisan alami yang diciptakan oleh kelelawar penghuni gua. Di tengah gua terdapat satu tempat yang menyerupai kolam besar dan biasanya dijadikan tempat beristirahat sejenak sehingga wisatawan dapat berenang atau terjun dari ketinggian.

Untuk tarif masuk wisata ini sangatlah terjangkau cukup Rp 25.000,- (untuk 5 orang). Bagaimana?? Tertarik berwisata dengan nuansa adventure?..🙄 Silahkan datang dan rasakan asyiknya berpetualang😀

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

21 thoughts on “Cave Tubing Goa Pindul

  1. huwaaaaaaaaaaaaaaaaaa…..seru kaya nya…
    mas bisa kasih alamt lengkap e gak???
    heheh…
    thank infonya..:D

    Posted by kurnia | Februari 12, 2012, 11:50 am
  2. mantap mas, insya Allah trip ane slnjut’a nh… hehe ;D

    Posted by infowisata1f | Februari 16, 2012, 11:07 pm
  3. mas itu serius 25.000 utk 5 orang?
    deket ga sama pantai baron?
    niatnya bulan maret besok mau ke goa pindul..:D

    Posted by vina | Februari 21, 2012, 7:22 am
  4. masbrow, memungkinkan ga untuk bawa kamera slr selama tubing? arusnya gimana? banter gak?😀

    Posted by simplyindonesia | April 19, 2012, 4:54 pm
  5. wuih bagusnya view cave ini. harusnya banyak lagi yang tahu dengan melihat website ini. coba aja program pertukaran link. pasti keren deh

    lihat info nya di

    http://www.nusapalapa.com/BACA_INI_JUGA_news_list.html

    Posted by new7paradise | Oktober 4, 2013, 6:27 am
  6. wah mantap, pengen kesana ah sekali kali, eh kalau agan agan cari info tentang wisata bangka belitung bisa langsung visit http://www.bangkabelitungtourism.com😀

    Posted by rifa | Februari 11, 2014, 10:38 am
  7. dua jempol dah buat yang punya blog…😀

    untuk merasakan serunya petualangan di sumatera barat silahkan klik west sumatera adventure ,

    terimakasih

    Posted by tued619 | April 19, 2014, 9:25 pm
  8. Keren..keren Mas, jadi pingin banget kesana, semoga kesampaian

    Posted by yanukata | April 24, 2014, 10:50 pm
  9. keren banget tempat wisatanya..aslinya pengen banget tuh main kesana,
    kalo boleh tau desa bejiharjo tuh dimana ya?baru denger solnya hehe

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 1:44 pm
  10. Mantap!!!
    Seperti ada di negeri dongeng

    Posted by Bali Travel News | September 1, 2014, 10:34 pm
  11. Indahny objek wisata di Indonesia

    Posted by Info Hotel Murah | September 10, 2014, 9:26 pm
  12. wahhhh keren bangetttt,, mau donggg kesanaaa😉

    Posted by mobil datsun bandung | April 1, 2015, 7:34 pm
  13. mantap…

    Posted by ryan | Mei 7, 2015, 10:03 am
  14. kerennnn (y)..untuk masuk ke goa itu minimal berapa orang gan?
    terimakasih😉

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:33 am
  15. goa pinul tak ada duanya,kami sering membawa tamu kesini,terimakasih informasinya

    Posted by TraveldiMalang.com | Agustus 29, 2016, 11:05 pm

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: