Indahnya JOGJA, Seputar JOGJA, Wisata

Cave Tubing Kali Suci

Gunungkidul, yang selama ini dikenal sebagai daerah yang gersang dan tandus karena hampir seluruh wilyahnya dipenuhi dengan pegunungan kapur. Tapi di balik semua itu, kabupaten gunungkidul banyak menyimpan banyak tempat-tempat wisata yang sangat eksotis.

Cave Tubing Kali Suci, sebuah tempat wisata yang menurut saya patut untuk didatangi dan dinikmati. Sebuah tempat wisata yang terletak di desa semanu kabupaten gunungkidul ini memang masih sangat perawan untuk dinikmati. Karena objek wisata yang satu ini pembukaannya belum lama.

Objek wisata ini hampir sama dengan objek wisata di Goa Pindul. Masih berbau adventure dan adrenalin.

Dikenal dengan istilah cave tubing, petualangan ini memadukan aktivitas caving (susur gua) dan body rafting. Berbekal informasi bahwa aktivitas cave tubingini hanya ada di Mexico, New Zealand, dan Gunungkidul. Aliran sungai yang berkelak-kelok terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah, tebing karst, serta daun-daun yang meranggas sehingga menciptakan harmoni lukisan alam yang mempesona. Setelah semua duduk di atas ban pelampung, pengarungan sungai pun dimulai. Ban mulai bergerak seirama aliran air. Saat tiba di arus tenang maka tangan harus difungsikan sebagai kayuh supaya terus melaju, sedangkan saat memasuki jeram ban akan melaju dengan cepat serta berputar-putar mengikuti arus.

Petualangan sesungguhnya dimulai saat aliran sungai memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Sinar matahari menghilang dan berganti dengan suasana remang bahkan gelap, satu-satunya pencahayaan hanya berasal dari headlamp. Stalaktit yang terlihat di atap gua terus meneteskan air, beberapa diantaranya merupakan batu kristal. Tiga ekor kelelawar nampak bergelantungan di langit-langit gua, ikan besar berenang di bawah kaki, dan seekor laba-laba besar menempel di stalagmit. Keindahan gua dan kesejukan sungai yang menyatu dalam keheningan membuat diri enggan beranjak pergi. Berpeluk mesra dengan dinginnya aliran sungai di perut bumi dengan bonus pemandangan alam yang cantik dan eksotik benar-benar menjadi petualangan yang sangat menantang dan tak akan pernah terlupakan.

Sangat menantang kan? Tapi jika kalian ingin berpetualang ada baiknya kalian melihat keadaan cuaca. Kalianpun juga bisa menanyakan kepada pengelola untuk memastikan kondisi.

Untuk retribusi masuk di Kali suci ini Rp 65.000,- (untuk 5 orang) dan akan dibekali perlengkapan Cave Tubing, pemandu, dan makan 1x setelah kalian selesai berpetualang.

Kalian berminat? Pintu wisata gunungkidul akan selalu terbuka lebar untuk kalian😀

About Kang Java

Sekedar berbagi tentang pengalamanku

Diskusi

48 thoughts on “Cave Tubing Kali Suci

  1. wahh,,seru juga ini ajak teman-teman kesana🙂

    Posted by Abed Saragih | Februari 4, 2012, 12:20 am
  2. keren tempat ny masbro.🙂

    Posted by putracisc | Februari 4, 2012, 10:20 am
  3. wah nyaman tuh..jadi pengen🙂

    Posted by dwixboy | Februari 5, 2012, 10:48 am
  4. mohon info contact person pengelola yg ada di Kali Suci. Makasih

    Posted by Rio Robertto | Februari 13, 2012, 2:58 pm
  5. mantap kyaknya mas…
    brapa meter tu jauhnya..
    asikan mana ama gua cerme/cermai yg ???

    Posted by Saddam | Februari 16, 2012, 8:24 pm
    • Kalau saya lebih suka ke Kali Suci… Sebenernya semuannya bagus mas, karena di setiap tempat wisata memiliki khas masing-masing
      Terimaksih kunjungannya dan saya mohon maaf… baru sempet kebales🙂

      Posted by Kang Java | Mei 12, 2012, 1:19 pm
  6. salam kenal…
    tukaran link yuk?

    Posted by rahassia | April 6, 2012, 3:27 pm
  7. kalo mau kesana pake kendaraan umum, gimana caranya?
    trus, apa harus minimal ber-5 ya? gak bisa sendirian?

    Posted by dhee | April 30, 2012, 6:14 pm
  8. Terkesan liat foto2nya…..udah lama nih baru mampir disini lagi🙂

    Posted by abi_gilang | Mei 30, 2012, 7:30 pm
  9. harus bisa berenang ga klo mau cave tubing?

    Posted by rherhe | Juni 23, 2012, 8:48 pm
  10. .pengelola punya kontak yg bisa dihubungin gk kang? matursuwun

    Posted by rendra | Juni 29, 2012, 4:03 am
  11. pemandangan alam yg menakjubkan. sukses selalu sobat…

    Posted by Noer | Juli 1, 2012, 4:44 am
  12. Salam Kenal gan..🙂

    Posted by jaka | Juli 2, 2012, 4:31 pm
  13. hohoho.. Saat Buka Laptop langsung dah baca artikel yang sangat akurat sekali..🙂

    Posted by nadiaananda | Juli 2, 2012, 4:34 pm
  14. yang mau ke sini tapi bingung jalannya kami siap mengantar agan2 semua.🙂

    http://www.rentalmobilwisatajogja.com🙂

    Posted by lestarirentcar | September 29, 2012, 8:14 am
  15. Ayo simak terus perkembangan pariwisata di Timor Leste

    Posted by Setya Wibawa | November 10, 2012, 5:06 pm
  16. cave tubing begini, starting dan selesai perjalanannya jam berapa yah? trims

    Posted by annis | November 16, 2012, 2:13 pm
  17. kalau ini saya jadi inget masa SMA. dulu pernah maen ke gua yang indah itu. mantebb dahhh

    Posted by ebook pengembangan diri | Desember 19, 2012, 1:23 pm
  18. hihihi saya suka GUA ini. itu tempatnye dekate rumah nenek saya. makasih sudah buat artikelnya

    Posted by kaos islam | Desember 19, 2012, 1:24 pm
  19. wahh seru amat ya tempat nya benar benar menakjubkan luar biasa

    Posted by elva trisye | Januari 19, 2013, 1:46 pm
  20. ingin sekali kesana pastinya mantapss

    Posted by elva trisye | Januari 19, 2013, 1:49 pm
  21. keren banget ya tempatnya….

    Posted by pulau seribu | Februari 22, 2013, 6:20 pm
  22. coooooooooolllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllll

    Posted by zefy | Maret 3, 2013, 12:17 am
  23. wah tempatnya indah kayaknya jadi pingin kesana

    Posted by grosir baju bali murah | Maret 4, 2013, 1:55 pm
  24. keren banget tempat nya.! ciptaan allah yang maha besar. sangat indah.

    Posted by pulau pramuka | Maret 6, 2013, 7:13 pm
  25. Selamat siang,Tulisannya sangat BAGUS SEKALI, Menambah PENGETAHUAN kita tentang KEINDAHAN kota JOGJA, sehingga membuat kita semua menjadi lebih tertarik untuk MENGELILINGI kota JOGJA.

    dari http://rentalmobilmotorjogja.blogdetik.com/ 0878 6053 4593

    Posted by Alif Group (Car 'n Motor Cycle Rental) | Maret 15, 2013, 11:32 am
  26. kayaknya ngak asing, sepertinya udah sering masuk tivi ya,,, ?

    Posted by Wisata Gunung Bromo | Juni 26, 2013, 12:53 pm
  27. gimana cara akses ke goa ini ya?

    Posted by winnymarch | Juli 1, 2013, 4:30 pm
  28. I do not drop a leave a response, but I read a few of
    the remarks on this page Cave Tubing Kali Suci | Kang Java.

    I actually do have 2 questions for you if it’s okay. Is it only me or does it look as if like some of the responses look like they are left by brain dead folks?😛 And, if you are writing on additional online social sites, I would like to follow you. Could you make a list of the complete urls of your social community sites like your Facebook page, twitter feed, or linkedin profile?

    Posted by compare 138 car | Juli 16, 2013, 6:18 am
  29. untuk cuaca yang intensitas hujan sekarang. bisa dkunjungi gak..

    Posted by jasa desain logo | Januari 20, 2014, 3:07 pm
  30. keren sekali pemandangannya…🙂

    Posted by UnduhDroid | Januari 22, 2014, 4:24 pm
  31. Assalamualaikum wr wb

    Setelah saya baca sungguh sangat menarik sekali dan bermanfaat bagi saya

    Maaf sebelumnya saya meninggalkan jejak. Jika ingin pasang rangka baja ringan di kawasan Daerah istimewa Yogyakarta dan kawasan jateng yang berdekatan dengan DI Yogyakarta, silahkan kunjungi blog saya untuk info lebih lanjut

    http://konstruksirangkabaja.wordpress.com/

    Walaikumussalam wr wb

    Posted by haristruss | Mei 31, 2014, 6:06 am
  32. maha dahsyat kekuatan allah, indah banget
    pengen kesana nih

    Posted by ilham salimen | Juni 4, 2014, 11:28 am
  33. seru tuh kayanya main kesana..cocok banget buat saya yang hobby petualang..
    my trip my adventure (y)

    Posted by ace maxs | Juni 6, 2014, 1:41 pm
  34. pemandangannya fantastis

    Posted by tempat wisata di dunia | Juni 26, 2014, 6:10 pm
  35. ngeri banget gan, kayak di alam yang berbeda apalagi kalo misal sendirian,

    Posted by Istanamurah | Agustus 11, 2014, 1:18 pm
  36. Sepert dinegeri dongeng. Kapan2 ingin rasanya ke sana

    Posted by Bunda Hasni | Agustus 25, 2014, 10:54 pm
  37. facebook.com/mitsubishi.yogya

    Posted by bambang | Januari 28, 2015, 1:56 pm
  38. kalau untuk tiket masuk per orangnya berapa gan?

    Posted by mobil datsun bandung | April 1, 2015, 7:30 pm
  39. kamu kalo ke jogja biasa kemana? hotel murah di jogja

    Posted by hotelmurahdijogja | Agustus 10, 2015, 9:09 pm
  40. untuk tiket masuknya berapa gan? ta[i ko saya baru denger ya tempat wisata itu?
    terimakasih😉

    Posted by obatdiabetesalamijg.com | Desember 17, 2015, 8:33 am

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: